Tuesday, September 27, 2016

6:32 PM

Langkah kerja :

1.buka app inventor melalui link http://appinventor.mit.edu/
2.klik "Create apps!" yang berada pada pojok kanan atas
3.masukkan akun GOOGLE anda
4.setelah itu keluarlah tampilan sebagai berikut:



5. pilih start new project untuk memulai project atau aplikasi yang akan dibuat dan isi judul aplikasi yang akan anda buat, untuk kali ini judulnya Biodata.

6.setelah itu keluar tampilan seperti berikut:

7.drag menu label dan textbook ke dalam tampilan androidnya seperti gambar berikut:

   ubahlah text dibawah ini pada lingkaran merah gambar diatas:
        a. text for label 1 menjadi tempat/tanggal lahir
        b. text for label 2 menjadi nama
        c. text for label 3 menjadi umur

8.untuk meletakkan textbook disamping label maka gunakan menu TableArrangement yang berada pada layout gambar dibawah dan atur widthnya menjadi fil parents dan ubah row menjadi 3(yang digaris bawah merah).

letakkan label dan textbook kedalam TableArrangement

9.drag Button ke tampilan android dan ubah widthnya menjadi fill parents
10.untuk menampilkan text yang akan diisi pada text book yang telah disubmit. maka gunakan menu verticalscroolarrangement dan isi menu label kedalam menu vertical tersebut. berikut contoh gambar:

11.ganti nama component yang digunakan pada projek ini pada menu rename, untuk mempermudah pengerjaan pada blocknya nanti sesuai gambar berikut:
12selanjutnya untuk menyusun program diatas, pilih menu block pada pojok kanan atas seperti gambar berikut:

13.setelah itu keluarlah tampilan block dan susunlah programnya seperti menyusun permainan puzzle sesuai yang diinginkan:





 pada program penyusunan diatas memiliki fungsi tersendiri seperti visible yang dapat menampilkan/menyembunyikan text, bahasa"nya tersendiripun mudah dimengerti sehingga mudah penyusunan program sesuai yang diinginkan.
14.setelah itu desainlah aplikasi androidnya pada menu desain disamping menu block pada gambar diatas, dimana desainnya dapat berupa bentuk background,color, dll.
15.untuk mengakses aplikasinya atau menguploadnya ke PC atau ANDROID gunakan menuBUILD dan pilih menu yang dilingkar merah.

16. setelah itu buka aplikasi yang sudah diupload dan instal aplikasi tersebut ke dalam PC atau ANDROID. Dan anda sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut kedalam android anda. erikut contoh tampilannya. Gambar di bawah ini desain yang kita buat di Appinvertor.
  

Maka inilah Tutorial salah satu cara membuat aplikasi android. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. untuk selanjutnya saya mungkin akan membuat aplikasi lainnya yang pastinya berbeda tetapi masih menggunakan app inventor.

0 comments:

Post a Comment